SEKILAS INFO
  • 2 bulan yang lalu / Surat Edaran Komite Kebijakan Penanganan Covid-19 & Transformasi Pemulihan Ekonomi Kota Bekasi Nomor 443.1/795/SET.COVID19.
  • 2 bulan yang lalu / Maka sejak 19 Agustus 2021 Masjid Agung AL BARKAH Kota Bekasi, di BUKA untuk Jama’ah UMUM.
  • 2 bulan yang lalu / Pemerintah Kota Bekasi dan DKM Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriah 1443H dan HUT RI ke-76.
WAKTU :

Agenda : Nuzulul Qur’an – Ramadhan 1442H

WAKTU : Kamis, 19:00 - 29 April 2021
LOKASI : Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi
INFO ACARA : K. H. Lili Gozalie, S.Ag, M.Pd. /

Agenda Ini Sudah Lewat / Kadaluarsa
Nuzulul Qur'an - Ramadhan 1442H

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang istimewa, salah satunya karena bertepatan dengan peristiwa Nuzulul Quran dan Lailatul Qodar. Malam Nuzulul Quran merupakan peristiwa turunnya Al Quran di bumi untuk pertama kali. Peringatan Nuzulul Quran di setiap malam 17 Ramadhan.

Nuzulul Qur’an terdiri dari kata nuzul dan Al qur’an yang berbentuk idafah. Penggunaan kata nuzul dalam istilah nuzulul Qur’an (turunnya Al-Quran) tidaklah dapat kita pahami maknanya secara harfiah, yaitu menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah, sebab Al-Qur’an tidaklah berbentuk fisik atau materi. Tetapi pengertian nuzulul Qur’an yang dimaksud adalah pengertian majazi, yaitu penyampaian informasi (wahyu) kepada Nabi Muhammad SAW. dari alam gaib ke alam nyata melalui perantara malaikat Jibril AS.

Muhammad Abdul Azhim Al-Zarqani mentakwilkan kata nuzul dengan kata i’lam (seperti yang dikutip oleh Rif’at Syauqi Nawawi dan M. Ali Hasan). Alasannya, pertama, mentakwilkan kata nuzul dengan i’lam berarti kembali pada apa yang telah diketahui dan dipahami dari yang diacunya. Kedua, yang dimaksud dengan adanya Al-Qur’an di Lauh al-mahfuzh, Baitul ’Izzah dan dalam hati Nabi SAW, juga berarti bahwa Al-Qur’an telah di-i’lam-kan oleh Allah pada masing-masing tempat tersebut sebagai petunjuk bagi manusia untuk mencapai kebenaran. Ketiga, mentakwilkan kata nuzul dengan i’lam hanyalah tertuju pada Al-Qur’an semata dengan semua segi dan aspeknya.

 

SesudahnyaRapat Media Center