SEKILAS INFO
  • 1 tahun yang lalu / Selamat Menunaikan Ibadah PUASA Ramadhan 1443H …
  • 1 tahun yang lalu / Semoga keihlasan menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari …
  • 1 tahun yang lalu / Pemerintah Kota Bekasi dan DKM Masjid Agung Al Barkah Kota Bekasi mengucapkan Selamat Tahun Baru Hijriah 1443H dan HUT RI ke-76.
WAKTU :

Menyambut Bulan Ramadhan 1443H, Melalui Ibadah Sunnah

Terbit 29 Maret 2022 | Oleh : adminalbarkah | Kategori : Fiqih & Hukum Islam
Menyambut Bulan Ramadhan 1443H, Melalui Ibadah Sunnah

Dalam Kompas.com pada 23/03/2022, melalui penulis Dinno Baskoro yang di editori oleh Glori K. Wadrianto, menulis bahwa bulan Ramadhan 1443 Hijriyah sudah di depan mata. Umat Muslim pun perlu mempersiapkan segala sesuatunya agar ibadah menjadi lebih hikmat. Terlebih dalam situasi pandemi yang belum bisa dikatakan berakhir. Kondisi fisik dan juga mental wajib diperhatikan agar ibadah dan semua tujuan selama ibadah Ramadhan berjalan lancar. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan jelang Ramadhan:

  1. Lakukan puasa sunnah lebih dulu Salah satu cara untuk mempersiapkan bulan Ramadhan adalah berpuasa lebih dulu di bulan sebelum Ramadhan. Cara ini bisa dilakukan setiap Senin dan Kamis yang merupakan puasa sunnah. Membiasakan tubuh berpuasa Senin-Kamis juga bermanfaat dalam membiasakan tubuh menjalani ibadah puasa satu bulan penuh saat Ramadhan.
  2. Konsumsi makanan sehat dan kurangi junk food Cara lain untuk mempersiapkan tubuh menjelang bulan Ramadhan adalah mengurangi kebiasaan tidak sehat seperti makan junk food. Hal itu dapat membuat tubuh lebih bugar dan prima untuk bersiap menjalani ibadan puasa selama Ramadhan. Selain itu, mengonsumsi makanan bergizi secara teratur, tubuh akan lebih mudah beradaptasi dengan situasi dua kali makan dalam sehari, tepatnya hanya dilakukan saat sahur dan berbuka puasa.
  3. Konsultasi ke dokter Jika menderita penyakit tertentu, segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan panduan atau arahan yang tepat untuk menjalani ibadah selama Ramadhan. Khususnya untuk ibadah puasa, di dalam Islam beberapa orang dengan kondisi seperti lanjut usia, ibu hamil, menyusui, menderita diabetes hingga bepergian dengan jarak yang jauh bisa tak diwajibkan untuk berpuasa.
  4. Terapkan pola hidup sehat Membiasakan diri dengan pola hidup yang sehat dapat membuat tubuh cepat beradaptasi saat menjalani ibadah puasa satu bulan penuh. Salah satunya adalah mengurangi kebiasaan merokok. Jika dilakukan sedari awal dan secara bertahap, mengurangi jumlah rokok dalam sehari mulai dari sekarang bisa membuat kita lebih mudah dalam menjalani ibadah puasa. Lalu, menyesuaikan waktu tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi juga membantu dalam menghadapi perubahan rutinitas selama Ramadhan.
  5. Persiapan spiritual Bulan Ramadhan melibatkan banyak refleksi spiritual bagi umat Muslim. Kita dapat mempersiapkan diri secara spiritual, mendekatkan diri kepada Pencipta dengan memperbanyak shalat dan membaca Alquran. Melakukan beberapa ibadah tambahan seperti bersedekah, memperbanyak doa hingga terus berbuat baik kepada sesama juga dapat menambah esensi “kembali ke suci” selama bulan Ramadhan.
SebelumnyaMempersiapkan Ramadhan 1443H Dengan Hati Yang Lapang SesudahnyaMakna Hari Raya Idul Fitri 1443H

Tausiyah Lainnya